HAK SEGALA BANGSA

Setiap Agustus, sudah mengapal dalam pikiran kita semua retorika dan suntikan semangat tentang kemerdekaan. Mungkin bahkan sejak sebelum duduk di bangku sekolah, kita diingatkan betapa mulia dan berjayanya kita sebagai bangsa, karena telah merdeka.

Tetapi merdeka dari apa dan untuk apa? Dalam suntikan bertahun-tahun itu pula kita diam-diam banyak lupa, bahkan terlena, apa saja dimensi dalam meraih kemerdekaan. Mungkin tidak bisa disalahkan juga, karena lebih mudah mengingat narasi yang sederhana: ditindas bangsa lain, angkat senjata, menang. Namun narasi kelewat sederhana itu pula tampaknya yang membuat kita kadang tergagap, sebagai sebuah kolektif, ketika berhubungan, berinteraksi, berdinamika dengan kolektif/bangsa lain. Jamak kita saksikan ketegangan itu: chauvinistik, ultra-bangga, menepuk dada sebagai orang Indonesia, justru dengan rasa rendah diri di bawah sadar. Akibatnya peran di pentas dunia jadi tidak optimal. Bagaimana bisa, ketika bahkan di ajang pekan olahraga internasional saja, kita lebih sibuk menutupi rasa malu daripada memecahkan akar masalah.

Program kineforum di bulan kemerdekaan ini ingin mengajak Anda semua merayakan kemerdekaan sembari menengok kembali sisi-sisi yang mungkin terlewatkan dari perjalanan sebuah masyarakat untuk merdeka. Karena kami percaya ini adalah Hak Segala Bangsa, mari bersama-sama memperkaya perspektif kita tentang apa artinya menjadi merdeka.

Salam sinema, dan sampai jumpa di KINEFORUM

jadwal_HSB_backdrop_REV2.png

Copyright © 2017 / kineforum

Taman Ismail Marzuki
(Belakang Galeri Cipta 3)
Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat 10330
Indonesia

Program dari

  • White Facebook Icon
  • White Twitter Icon
  • White YouTube Icon
  • White Instagram Icon