Tentang kineforum

layarvirtual
kineforum

layartancap
kineforum

Usaha dari kineforum untuk tetap menghidupkan semangat 'sinema alternatif' walau dalam kondisi terbatas. Program bulanan akan dikurasi oleh tim program kineforum, dan disajikan kepada kawan-kawan melalui situs daring yang kami kelola bersama mitra.

Program berkala kineforum yang mencoba menemui kawan-kawan secara langsung dan menggelar 'open air cinema' alias layar tancep. Digital maupun analog, kami akan mencoba menghadirkannya untuk kawan-kawan semua di aneka lokasi yang akan ditentukan sebelum acara. Tentunya, dengan aneka protokol dan prosedur yang harus dilakukan, namun takkan mengurangi keseruannya. Sampai jumpa di lokasi layar tancap!

kineforum Dewan Kesenian Jakarta

kineforum adalah program dari Komite Film Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) yang dimulai di tahun 2006. KINEFORUM adalah ruang bioskop mini, tercipta atas kerjasama antara DKJ dengan UP PKJ dan jaringan bioskop XXI. di dalam Komplek Taman Ismail Marzuki. Ruang yang dikelola oleh tim bentukan Komite Film DKJ ini menawarkan ragam program film sekaligus diskusi tentang film . Film-film yang diputar adalah film-film yang bisa menjadi alternatif tontonan bagi Anda sebagai anggota publik. Mulai dari film klasik maupun kontemporer, film panjang maupun pendek, film luar maupun dalam negeri, film non arus utama maupun arus utama. Pemutaran dilakukan dalam ruangan yang memenuhi standar teknis bioskop profesional dengan tata suara yang memadai. Kami berusaha maksimal untuk memutar film dengan kualitas teknis terbaik dengan segala keterbatasan kami, seperti luas ruang dan kapasitas penonton (45 orang).

Sebagai bioskop alternatif terprogram pertama di Jakarta, KINEFORUM (dan kineforum) diadakan sebagai tanggapan terhadap ketiadaan bioskop non komersial di Jakarta dan kebutuhan pengadaan suatu ruang bagi pertukaran antar budaya dan gagasan melalui karya audio-visual. Sesuai dengan nama kami, kine berasal dari cinema yang identik dengan “gambar bergerak”, dan forum yang berarti ruang pertemuan gagasan, kami percaya penuh pada medium sinema sebagai penyampai pesan, pemantik diskusi, penyebaran pengetahuan dan peluas wawasan. kineforum berusaha sekuat mungkin menjalankan prinsip "pembelajaran sinema" dan "pembelajaran lewat sinema".

Untuk mencapai hasil optimal dalam pertukaran gagasan, salah satu prinsip dasar kineforum dalam hal teknis dan pengelolaan adalah dengan memastikan perijinan dan kesepakatan antar pembuat film dan kami selaku pemutar, agar semua pihak sama-sama mendapat manfaat. Dari kesepakatan saling manfaat ini, kami menyajikan film-film kepada Anda dengan sejumlah donasi wajib. Separuh dari donasi wajib ini kami gunakan untuk biaya operasional, dan separuhnya lagi untuk pihak pemilik film. Artinya, dengan menikmati tontonan yang ditawarkan dalam program kineforum Anda telah berkontribusi langsung terhadap kelangsungan kehidupan perfilman, khususnya perfilman Indonesia.

Mari dapatkan pengalaman baru lewat pilihan film di kineforum, memperluas wawasan sekaligus berpartisipasi aktif dalam mendukung langsung perfilman Indonesia dan dunia!