Kineforum punya Kelas | Wardrobe


Sabtu, 7 Desember 2019

10:00-18:00 WIB

Connectinc

Jalan Palem no.28, Cipete, Jakarta Selatan

Katanya sih, jangan menilai seseorang dari pakaiannya saja. Tapi tak dapat dipungkiri bahwa, sampai derajat tertentu, orang menerjemahkan karakternya sendiri ke dalam bagaimana ia berpakaian. Dan orang lain pun, sampai derajat tertentu juga, terlatih menafsirkan karakter orang yang ia hadapi dari caranya berpakaian.

Film mengandalkan kesan visual sekilas ini untuk menyampaikan secuplik dari tahunan kisah hidup tokohnya melalui apa yang ia kenakan. Terkadang sesuai ekspektasi, terkadang menjungkirkannya, terkadang menantang. Jika seorang raja memakai kostum mewah, mungkin biasa. Tapi mewah seperti apa yang ia kenakan, dan apa artinya bagi karakter dan tindak tanduknya? Jika sang raja mengenakan pakaian biasa saja, apa niatnya, dan apa artinya?

Dalam film, wardrobe atau kostum menjadi elemen yang penting dalam proses bercerita; mengubah narasi yang abstrak menjadi obyek yang nyata. Juga sebagai penanda waktu, tempat dan mood sebuah film. Para aktor pun bertransformasi menjadi karakter tertentu dengan bantuan warna, bentuk dan ukuran kostum yang dipakainya. Pada Kineforum Punya Kelas kali ini, kita akan belajar sekaligus praktik singkat seputar wardrobe dalam film, bersama Retno Ratih Damayanti, peraih Piala Citra untuk kategori Penata Busana Terbaik dalam film "Habibie & Ainun", "Soekarno" dan "Guru Bangsa: Tjokroaminoto".

Kelas akan berlangsung di Connectinc, Jalan Palem No. 28, Cipete, Jakarta Selatan, pada hari Sabtu, 7 Desember 2019, pukul 10:00-18:00 WIB. Kriteria pendaftar: 1. Terbuka untuk umum 2. Wajib mengisi formulir pendaftaran di bit.ly/kelaswardrobe 3. Dapat mengikuti sesi workshop secara penuh 4. Peserta terpilih wajib memberikan donasi sebesar Rp75,000,- Pendaftar akan diseleksi dan disaring menjadi 20 peserta terpilih. Peserta terpilih akan memperoleh sertifikat, snack dan makan siang.

Timeline:

1. Batas akhir pengisian formulir pendaftaran: Selasa, 3 Desember 2019 pukul 23:59 WIB

2. Pengumuman peserta terpilih: Kamis, 5 Desember 2019Daftar nama peserta terpilih akan diumumkan melalui e-mail.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi 0812-9524-6650 (Rukita) melalui WhatsApp/SMS.

DAFTAR DI SINI

PENGISI MATERI

Retno Ratih Damayanti

Perempuan kelahiran 1972 ini mengawali kariernya sejak masih duduk di bangku SMA dan kemudian kuliah Universitas Gajah Mada, ketika ia bergabung dalam kelompok Teater Garasi Yogyakarta. Lantaran pengalaman itu ia lantas sempat pula menjadi dosen Tata Rias dan Busana di Institut Seni Indonesia, Yogya, selama enam tahun. Kemudian ia berkenalan dengan Garin Nugroho, yang mengajaknya turut serta dalam produksi Opera Jawa. Sebagai sesama anak teater, Retno kemudian hijrah ke Jakarta bersama Hanung Bramantyo. Sejak saat itu, ia menangani hampir semua penataan busana film-film Hanung. Mulai dari Ayat-Ayat Cinta, Get Married, hingga Soekarno: Indonesia Merdeka, dan Kartini. Ia juga menjadi penata busana untuk nominator FFI 2019, Kucumbu Tubuh Indahku, dan menjadi perancang busana untuk film Sekala Niskala. Berkat ketekunannya, 3 Piala Citra dan 3 Piala Maya telah diraih Retno.


Copyright © 2017 / kineforum

Taman Ismail Marzuki
(Belakang Galeri Cipta 3)
Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat 10330
Indonesia

Program dari

  • White Facebook Icon
  • White Twitter Icon
  • White YouTube Icon
  • White Instagram Icon