Diskusi: Kisah dari Negeri Tanpa Tentara

Diskusi dalam bahasa Inggris ini diadakan setelah pemutaran film FIRST LADY OF THE REVOLUTION di pukul 15:00. 

Melalui sudut pandang perjalanan seorang ibu negara, First Lady of the Revolution mengajak kita membuka cakrawala baru mengenai apa artinya merdeka. Setelah pulih dari perang saudara, Republik Costa Rica membuat sebuah keputusan radikal: mereka menghapus institusi militer.

 

Apakah pernah terbayangkan sebuah negara zonder tentara? Costa Rica nekad menjalaninya, dan kini mereka adalah satu dari sedikit negara Amerika Tengah yang stabil demokrasinya. Apakah hanya karena itu? Mungkin juga belum tentu. Tetapi mari kita perluas persepsi dan imajinasi sosial kita tentang bagaimana merdeka, berbangsa dan bernegara dari pengalaman sebuah negara tanpa tentara.

 

 

PEMBICARA

 

Alfredo Jose Pizarro Campos

Pejabat duta besar Republik Costa Rica di Indonesia; sibuk membangun sistem dan pondasi bagi keberlangsungan kedutaan yang baru setahun dibuka di Indonesia. Sukses dengan festival film Costa Rica pertama di Indonesia, bertajuk YOUNG COSTA RICAN FILMMAKERS: A Festival of Contemporary Costa Rican Film.

 

 

Dave Lumenta

Peneliti dan dosen dari FISIP UI, meminati bidang antropologi dan etnografi perbatasan, sejarah kolonial dan proses terbentuknya bangsa-bangsa dan negara. Juga menjadi aktor dan perancang scoring musik dalam film Postcards from the Zoo.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Diskusi "Berani karena Boleh: Film B Indonesia dan pendekatan New Cinema History"

1/10
Please reload

Search By Tags
Please reload

Related Posts
Please reload

Copyright © 2017 / kineforum

Taman Ismail Marzuki
(Belakang Galeri Cipta 3)
Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat 10330
Indonesia

Program dari

  • White Facebook Icon
  • White Twitter Icon
  • White YouTube Icon
  • White Instagram Icon