LIFEs - Literature and Ideas Festival Salihara

 

Literature and Ideas Festival—LIFEs adalah nama dan bentuk baru bagi Bienal Sastra Salihara. Judul kami tahun ini adalah Viva! Reborn!, dengan fokus utama “Membaca Amerika Latin”.

 

Setelah pemutaran di Komunitas Salihara, Empu Sendok Art Station, dan Paviliun 28, kegiatan Klub Film dalam rangkaian LIFEs juga hadir di KINEFORUM tanggal 30 September dan 1 Oktober 2017. Selama dua hari, kami menayangkan enam film pilihan, dari dan tentang Amerika Latin: dua film dokumenter tayang pada slot pertama (14:30) dan empat film fiksi tayang pada slot 2 & 3 (17:00 dan 19:30) . 

 

KINEFORUM menyediakan tempat untuk 45 penonton pada setiap pemutaran. Tiket hanya tersedia 1 (satu) jam sebelum pemutaran. Pastikan kamu hadir lebih awal untuk mendapatkan tiketnya. Siapa cepat, dia dapat. Pintu studio akan ditutup 10 menit setelah jadwal pemutaran dimulai.

 

Kami juga mengajak kamu untuk berkontribusi dengan memberikan donasi secara sukarela untuk operasional dan perawatan kineforum.

 

Program kolaborasi ini terselenggara berkat kerjasama dengan Komunitas Salihara.

Sabtu, 30 September 2017

 

14:30

THE LAST SCRIPT: REMEMBERING BUÑUEL (Spanyol)

Gaizka Urresti & Javier Espada // 2008 // 90 menit // Dokumenter

 

Film ini mengajak penonton menelusuri kembali kehidupan sutradara legendaris Luis Buñuel melalui percakapan dengan orang-orang terdekatnya. Selain karyanya, film ini juga menyinggung jejak kariernya di Spanyol, Prancis, Amerika Serikat dan Meksiko. Selain itu juga menceritakan kehidupan pribadi Buñuel yang anti terhadap segala jenis totalitarianisme.

 

 

17:00

THE BRICKLAYERS (Meksiko)

Jorge Fons // 1976 // 122 menit // Fiksi

 

Penyelidikan terhadap pembunuhan seorang pekerja berubah dari hal-hal yang bersifat kriminal menjadi persoalan politik. Sebagian besar adegan film ini diambil menggunakan kamera genggam dan beberapa dialognya merupakan dialek tukang batu di kota Mexico City. Los Albaniles diangkat berdasarkan novel karya Vicente Leñero.

 

 

19:30

THE SECOND MOTHER (Brasil)

Anna Muylaert // 2015 // 112 menit // Fiksi

 

The Second Mother menceritakan seorang pengasuh bernama Val yang telah lama bekerja di keluarga Fanbinho di São Paulo. Ia kedatangan anaknya yang dulu dititipkan kepada kerabatnya. Val mengajak anaknya untuk tinggal bersama keluarga Fabinho. Dari sana bermula konflik yang selama ini terpendam karena perbedaan kelas di dalam masyarakat Brasil modern. Lalu bagaimana jalan keluar dari permasalahan itu?

 

 

 

Minggu, 1 Oktober 2017

 

 

14:30

THE SUGAR CURTAIN (Prancis)

Camila Guzmán Urzúa // 2005 // 82 menit // Dokumenter

 

Kumpulan pengalaman pribadi yang dibagi oleh generasi yang hidup dengan impian utopis Kuba di era keemasan jaman revolusi. Dokumenter ini juga menyajikan ratapan mereka di akhir era tersebut. Diawali dengan runtuhnya tembok Berlin.

 

 

 

17:00

LAND AND SHADE (Kolombia)

César Augusto Acevedo // 2015 // 97 menit // Fiksi

 

Bertahun-tahun setelah meninggalkan keluarganya, petani tua bernama Alfonso memutuskan pulang untuk merawat anaknya yang sakit parah. Film ini adalah representasi atas beragam alegori kehidupan, seperti kepedihan, kesetiaan dan kasih sayang.

 

 

19:30

EL BENNY (Kuba)

Jorge Luis Sánchez // 2006 // 132 menit // Fiksi

 

Periode 50-an, Benny Moré memulai 'Banda Gigante'. Benny meraih sukses di Meksiko, tersangkut kudeta di Kuba, dan bermasalah dengan pengusaha pendendam di Venezuela. Setelah pingsan dan dirawat di rumah sakit, Benny menjauhi alkohol. Beberapa tahun kemudian, dia bertemu kembali dengan teman band lamanya yang sedang mengalami masa sulit.

Komunitas Salihara adalah sebuah pusat seni yang berkiprah sejak 08 Agustus 2008, dan pusat seni multidisiplin swasta pertama di Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Diskusi "Berani karena Boleh: Film B Indonesia dan pendekatan New Cinema History"

1/10
Please reload

Search By Tags
Please reload

Related Posts
Please reload