11-26 September 2021
layarvirtual kineforum

Interseksi

Sebuah citra yang diproduksi oleh kamera selalu mengandaikan sebuah proyeksi ruang melalui sudut pandang tertentu. Kamera merupakan wahana politis yang memungkinkan dialog antara persoalan sebuah lanskap dan nilai-nilai yang dipiuhkan oleh sutradara. Sinema pada dasarnya adalah titik pertemuan antara dua aspek tersebut. Menentukan titik interseksi antara keduanya berarti juga menentukan posisi atau keberpihakan kamera terhadap sebuah persoalan yang hendak diangkat. 

 

Program kineforum kali ini menghadirkan berbagai pendekatan tematik dalam produksi film-film pendek dengan memetakan titik-titik pertemuan di antara dua sudut yang saling berjarak tapi juga saling mengandaikan. Pada kompilasi pertama yang berjudul “Ruang”, kami mencoba menjawab pertanyaan mendasar tentang bagaimana ruang membentuk perspektif dengan menghadirkan berbagai macam pendekatan observasional dalam sebuah film. Pada kompilasi kedua yang berjudul “Perspektif”, kami mencoba menyajikan berbagai pandangan yang lebih bersifat subjektif dalam mengimajinasikan sebuah ruang filmis.

 

Melalui kurasi program ini, kineforum bekerjasama dengan @milisifilem collective mengajak anda untuk bersama-sama merayakan keberagaman tema dan ekspresi artistik film-film pendek Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. 

 

Salam sinema!


 

Dhanurendra Pandji,

Programmer Tamu Kineforum 

layarvirtual kineforum

Mensyiarkan dakwah sinema, dari dunia maya ke hadapan Anda

Kompilasi Ruang

Kompilasi Perspektif